Kontemplasi : HASTAG (1)

Rabu, 28 November 2012

Cit ‘Twit” Cuit

Perasaan takut akan sesuatu hal yang berlebihan disebut sebagai phobia. Disebut sebagai phobia karena bagi sebagian orang lain apa yang ditakutkan oleh seseorang itu bukanlah sebuah masalah besar yang sampai menganggu hidup, ketenangan atau kebahagiaan. Gejala yang sangat biasa bagi orang lain menjadi luar biasa bagi seseorang yang mengidap phobia, bahkan bisa-bisa menimbulkan histeria. Tak heran jika kemudian para pengidap phobia ini sepintas kelihatan seperti ‘lebay’.

Phobia mempunyai tingkatan dari sekedar phobia ringan yang hanya menimbulkan deg-deg-an sampai phobia berat yang membuat pengidapnya mogok. Contohnya salah satu figur dalam film serial The A Team yaitu Mister T yang menderita phobia takut ketinggian atau terbang. Mr. T yang berbadan gempal, besar dan sangar itu ternyata ‘cemen’ dalam urusan naik helicopter. Setiap kali harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara cepat dengan menaiki pesawat, Mr. T mogok tak mau ikut. Maka agar bisa ikut dan tidak membuat kekacauan dalam pesawat, Mr. T selalu dibius terlebih dahulu sehingga tidak sadar ketika mengikuti sebuah penerbangan.

Dennis Bergkamp, salah satu legenda Arsenal dari Belanda juga mempunyai phobia yang sama. Setiap kali Arsenal harus bertanding ke luar dan tim pergi dengan naik pesawat. Dia akan berangkat lebih dahulu, lebih awal tinimbang rekan se-timnya dengan naik mobil. Jika masih memungkinkan sebuah daerah dijangkau dengan modus angkutan non penerbangan maka Bergkamp akan memilih moda angkutan itu meski sebenarnya naik pesawat jauh lebih nyaman dan cepat.

Sekarang ini ditenggarai banyak orang menderita ‘nomophobia’ yaitu ketakutan yang luar biasa akan kehilangan mobile phone. Ketakutan yang muncul akibat sebuah ketergantungan yang sangat tinggi terhadap perangkat telepone mobile yang kini sudah sangat pintar (smart phone). Akibatnya seseorang tak bisa lepas sedikitpun dari gadgetnya. Gadget selalu besertanya kemanapun dan dimanapun dia berada. Layanan sosial media dalam bentuk instan messaging, chating (video chat), micro blog, sharring video-document dan lain sebagainya memungkinkan seseorang untuk terus menerus terkoneksi dengan orang lainnya melalui gadget yang dipegangnya selama ada jaringan internet. Kebisaan online terus menerus membuat dunia terasa hampa jika jaringan lenyap dan gadget hilang.

Gejala yang menunjukkan bahwa seseorang khawatir luar biasa akan kehilangan gadgetnya adalah membawa perangkat telepon mobile tidur dengannya. Dan begitu bangun saat tidak bisa menemukan gadget – yang mungkin tersembunyi di bawah bantal atau jatuh di kolong tempat tidur – akan heboh, mencari-cari bak orang kesurupan. Saking tidak mau terpisah dari gadgetnya, seorang ‘nomophobia’ bahkan membawa gadgetnya saat pergi ke WC dan kamar mandi. Dia tak ingin semua pesan atau informasi yang masuk terlewatkan. Saat ini biasa seseorang mempunyai gadget ganda, memegang perangkat telepon lebih dari satu. Andai hal itu dilakukan untuk mempermudah komunikasi atau untuk mengkhususkan masing-masing gadget pada satu keperluan tertentu bukanlah sebuah masalah.

Namun kebiasaan memegang dua gadget bisa dianggap sebagai sebuah nomophobia apabila didasari oleh ketakutan akan kehilangan gadget, maka gadget ganda dimaksudkan sebagai sebuah cadangan, layaknya ban serep pada pemilik mobil, sehingga kalau bocor maka tak perlu mencari tukang tambal terlebih dahulu melainkan mengantinya dengan ban lain yang sudah dipersiapkan.

Ikatan yang berlebihan pada apapun tentu saja bukan sesuatu yang baik. Rasa cinta yang begitu dalam pada gadget sampai menjadi begitu takut kehilangan akan membuat seseorang justru mengalami gangguan komunikasi manusiawi dengan sesamanya. Ibaratnya seseorang lebih memilih ‘berasyik masyuk’ dengan perangkat telepon dibanding dengan sesamanya. Jadi mulailah berkaca dan bertanya adalah kita termasuk dalam kategori “nomophobia”, kalau iya, segeralah bertobat.

Pondok Wiraguna, 24 November 2012
@yustinus_esha

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Memuat...
 
BORNEO MENULIS © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum